Sejarah Terbentuknya Nissa Sabyan / Sabyan Gambus

No Comments

 

 

 Klik disini untuk mendengarkan dan mendownload Lagu Nissa Sabyan

 

Sabyan Gambus, berawal dari band pengisi acara pernikahan menjadi terkenal. Sabyan Gambus saat ini sedang naik daun (ulet kalia ah naek daun hehe …) Videonya berjudul “Deen Assalam” sudah ditonton 55 juta kali, dan sempat menduduki trending no 1. Popularitasnya mencapai puncak saat memasuki Ramadan 2018 ini.

 

Namun, popularitas Sabyan tidak diperoleh dengan instan. Mereka pernah dengan manggung tanpa dibayar atau hanya diupah dengan ucapan “terima kasih”.

 

Kini, tiga tahun berlalu sejak Sabyan Gambus didirikan pada 2015, pemasukan grup musik yang mengawali karier dengan manggung di hajatan pernikahan tersebut naik berkali-kali lipat. Di awal kehadirannya, tarif mereka berkisar Rp3-4 juta sekali manggung.

 

Ayus, pemain keyboard Sabyan Gambus, mengatakan di Hitam Putih, 1 Juni lalu, bahwa grup musiknya sekarang dibayar Rp30 juta sampai Rp40 juta sekali pentas. Tidak hanya pemasukan yang meningkat, tawaran mementas juga diakui Ayus meningkat. Salah satu pendiri Sabyan Gambus ini mengatakan dalam sepekan grup musiknya hanya libur memanggung selama 2 hari. Apabila jumlah pentas Sabyan Gambus dianggap tetap dalam sepekan, yakni sebanyak 5 kali, artinya dalam satu bulan Sabyan Gambus bisa memanggung sebanyak 20 kali dengan pemasukan sekitar Rp600 juta hingga Rp800 juta.

 

Personilnya terdiri dari Khoirunnisa alias Nissa (vokalis), Anisa Rahman (vokalis dua), Ayus (keyboardist), Wawan (pemain gendang), dan Tebe (pemain biola). Kumpulan lagu sholawat yang paling populer dibawakan Nissa Sabyan Gambus, di antaranya Ya Maulana, Deen Assalam, Ya Jamalu, Law Kana Bainanal Habib, Ya Habibal Qolbi, Rahman ya Rahman, Ya Asyiqol Musthofa, Ahmad Ya Habibi, Ya Taiba, Qomarun, Assalamualaika ya Rasulullah dan lainnya.

 

Namun, Sabyan Channel, kanal Youtube yang dikelola Sabyan Gambus, juga kerap mengunggah video klip yang hanya menampilkan Nissa bernyanyi diiringi irama keyboard Ayus. Meski formatnya personelnya berbeda, sebagian besar lagu yang dimainkan Sabyan Gambus dapat digolongkan sebagai qasidah. Nabiel A. Karim Hayaze, direktur Menara Center, menjelaskan semua lagu di Arab berasal dari syair yang terdiri dari dua jenis, syair biasa dan qasidah. Syair biasa biasanya berisi puisi-puisi percintaan. Sedangkan qasidah merupakan syair yang bernafas keislaman.

 

“Di Indonesia, kedua tipe syair itu dimainkan. Sebagian besar syair tersebut berasal dari Hadramaut,” ujar Nabiel, yang juga peneliti budaya Arab.

 

Di luar panggung, Sabyan Gambus juga menjadi primadona. Sejak pertama kali diunggah di Youtube lima bulan lalu hingga Jumat (6/8/2018), video klip Sabyan Gambus berjudul “Ya Habibal Qolbi” telah ditonton sebanyak lebih dari 137 juta kali. Sedangkan video klip “Ya Asyiqol” dan “Rohman ya Rohman” ditonton sebanyak lebih dari 57 juta kali. Group Sabyan Gambus menjadi viral karena setiap mengeluarkan video baru selalu jadi trending. Penontonnya yang mencapai puluhan juta bukan hanya dari Indonesia saja melainkan juga dari luar negeri. Tampil berbeda, grup asal Jakarta ini mengusung tema musik gambus dari Timur Tengah. Kemasan dan aransemen yang lebih kekinian, menghadirkan musik gambus yang berbeda dan unik.

 

Sekilas Tentang Nissa Sabyan

Khoirunnisa atau lebih dikenal dengan Nissa Sabyan, lahir di Bandung, 23 Mei 1999 adalah penyanyi muslimah yang tergabung dalam grup musik Sabyan Gambus sebagai vokalis. Nissa dikenal publik karena sering menyanyikan ulang (cover) lagu-lagu bernuansa islami ataupun shalawat nabi, video clip-nya telah ditonton jutaan kali dan sering menjadi trending di Youtube.

Nissa merupakan vokalis dari Sabyan Gambus yang memiliki paras imut dan suara merdu. Perempuan yang baru memasuki usia 19 tahun pada 2018 ini merupakan lulusan SMK jurusan ototronik alias otomotif dan elektronik. Ia bercita-cita ingin melanjutkan kuliah di jurusan musik. Namun saat ini Nissa ingin fokus pada grup musiknya dahulu.   instagram @nissa_sabyan

 

» Klik disini untuk mendengarkan dan mendownload Lagu Nissa Sabyan Mp3

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *